Makanan Burung Parkit Lokal yang Sehat dan Bergizi

Daftar Isi [ Open ]

Makanan Burung Parkit Lokal

makanan burung parkit lokal
makanan burung parkit lokal


Makanan burung parkit lokal - Burung parkit adalah tipe burung piaraan yang terkenal di Indonesia. Burung parkit mempunyai warna bulu yang cerah, kicau suara yang merdu, dan kepandaian yang mengagumkan. Burung parkit dapat dibawa berinteraksi serta dapat belajar berbicara layaknya seperti manusia.


Tetapi, untuk mempertahankan kesehatan dan keceriaan burung parkit, kita perlu memberinya makanan yang sesuai keperluan gizi dan selera mereka. Makanan burung parkit lokal hampir sama dengan makanan burung parkit Australia atau burung parkit Holland. Makanan burung parkit terbagi dalam biji-bijian, buah-buahan, sayur, dan pakan tambahan yang lain.


Pada artikel berikut, kita akan mengulas mengenai makanan burung parkit lokal yang bergizi serta sehat. Kita akan juga berikan trik dan tips untuk memilih dan berikan makanan burung parkit supaya cepat bertelur dan jinak. Disamping itu, kita akan menjawab beberapa pertanyaan yang kerap ditanya oleh beberapa pecinta burung parkit.


Makanan Burung Parkit Lokal

Berikut ini adalah daftar makanan burung parkit lokal yang telah berhasil kami kumpulkan.

makanan burung parkit lokal
makanan burung parkit lokal

Makanan Burung Parkit Lokal dari Biji-bijian

Biji-bijian merupakan makanan dasar untuk burung parkit. Beberapa bijian memiliki kandungan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan serat yang diperlukan oleh burung parkit buat mengontrol energi dan metabolisme badannya. Beberapa macam biji-bijian yang digemari oleh burung parkit ialah:

  • Jewawut. Jewawut adalah biji-bijian berwarna kuning kecoklatan yang memiliki bentuk lonjong dan pipih. Jewawut bisa diberikan dalam bentuk biji saja atau masih bersama malainya. Jewawut bisa diberikan bersama tangkainya agar burung parkit merasakan makanan seperti di habitat aslinya.
  • Milet. Milet adalah biji-bijian berwarna putih atau merah yang memiliki bentuk bulat dan licin. Milet bisa diberikan dalam bentuk biji saja atau masih bersama tangkainya. Milet putih lebih disukai oleh burung parkit daripada milet merah.
  • Pelet. Pelet adalah biji-bijian yang sudah diproses menjadi bentuk butiran kecil yang padat. Pelet mengandung berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan oleh burung parkit dalam jumlah seimbang. Pelet bisa diberikan sebagai makanan utama atau sebagai pelengkap biji-bijian lainnya.


Sejumlah bijian dapat diberi langsung ke tempat makan burung parkit atau digabung air hangat untuk membuatnya lebih halus dan gampang dicerna. Beberapa bijian bisa juga diberi sebagai makanan burung parkit supaya cepat bertelur sebab bisa menstimulasi birahi dan menaikkan kesuburan mereka.

makanan burung parkit lokal
makanan burung parkit lokal



Makanan Burung Parkit Lokal dari Buah-buahan

Buah-buahan ialah makanan tambahan untuk burung parkit. Buah-buahan memiliki kandungan air, vitamin, mineral, anti-oksidan, dan serat yang bagus untuk mempertahankan kesehatan kulit, bulu, mata, dan mekanisme imun burung parkit. Beberapa macam buah-buahan yang dicintai oleh burung parkit ialah:

  • Apel. Apel adalah buah berwarna merah atau hijau yang memiliki rasa manis dan asam. Apel bisa diberikan dalam bentuk potongan kecil atau diparut. Apel mengandung vitamin C, vitamin A, kalium, dan pektin yang baik untuk pencernaan burung parkit.
  • Pisang. Pisang adalah buah berwarna kuning yang memiliki rasa manis dan lembut. Pisang bisa diberikan dalam bentuk potongan kecil atau dihancurkan. Pisang mengandung vitamin B6, vitamin C, kalium, dan magnesium yang baik untuk otot dan saraf burung parkit.
  • Jeruk. Jeruk adalah buah berwarna oranye yang memiliki rasa asam dan segar. Jeruk bisa diberikan dalam bentuk potongan kecil atau diperas. Jeruk mengandung vitamin C, vitamin A, kalsium, dan folat yang baik untuk tulang dan darah burung parkit.


Buah-buahan dapat dikasihkan langsung ke tempat makan burung parkit atau digabung beberapa bijian untuk membuatnya semakin menarik dan beragam. Buah-buahan bisa juga diberi sebagai makanan burung parkit supaya jinak sebab bisa tingkatkan keyakinan dan hubungan mereka dengan pemiliknya.


Makanan Burung Parkit Lokal dari Sayuran

Sayur ialah makanan tambahan untuk burung parkit. Sayur memiliki kandungan air, vitamin, mineral, anti-oksidan, dan serat yang bagus untuk mempertahankan kesehatan kulit, bulu, mata, dan mekanisme imun burung parkit. Beberapa macam sayur yang dicintai oleh burung parkit ialah:

  • Bayam. Bayam adalah sayuran berwarna hijau yang memiliki rasa hambar dan sedikit pahit. Bayam bisa diberikan dalam bentuk daun utuh atau dipotong-potong. Bayam mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin K, zat besi, dan folat yang baik untuk tulang dan darah burung parkit.
  • Wortel. Wortel adalah sayuran berwarna oranye yang memiliki rasa manis dan renyah. Wortel bisa diberikan dalam bentuk potongan kecil atau diparut. Wortel mengandung vitamin A, vitamin C, beta karoten, dan kalium yang baik untuk mata dan kulit burung parkit.
  • Brokoli. Brokoli adalah sayuran berwarna hijau yang memiliki rasa hambar dan sedikit pahit. Brokoli bisa diberikan dalam bentuk bunga atau batangnya. Brokoli mengandung vitamin C, vitamin K, kalsium, dan sulforafan yang baik untuk imun dan detoksifikasi burung parkit.


Sayur dapat diberi langsung ke tempat makan burung parkit atau digabung sejumlah bijian untuk membuat semakin menarik dan banyak variasi. Sayur bisa juga diberi sebagai makanan burung parkit supaya jinak sebab bisa menaikkan keyakinan dan hubungan mereka dengan pemiliknya.


Makanan Burung Parkit Lokal dari Pakan Tambahan Lainnya

Selainnya beberapa bijian, buah-buahan, dan sayur, ada banyak pakan tambahan yang lain yang dapat diberikan ke burung parkit sesekali untuk penuhi keperluan gizi spesifik atau sebagai cemilan spesial. Beberapa macam pakan tambahan yang lain yang dapat diberikan ke burung parkit ialah:

  • Kacang-kacangan. Kacang-kacangan adalah makanan yang mengandung protein, lemak, vitamin, mineral, dan serat yang tinggi. Kacang-kacangan bisa diberikan dalam bentuk utuh atau dihancurkan. Kacang-kacangan yang bisa diberikan kepada burung parkit antara lain kacang tanah, kacang almond, kacang kenari, kacang mete, dan kacang pistachio.
  • Taoge. Taoge adalah makanan yang berasal dari biji kedelai yang sudah disemai. Taoge mengandung protein, vitamin C, vitamin K, folat, zat besi, dan serat yang tinggi. Taoge bisa diberikan dalam bentuk utuh atau dipotong-potong. Taoge bisa merangsang pertumbuhan bulu dan kesehatan kulit burung parkit.
  • Tulang sotong. Tulang sotong adalah makanan yang berasal dari kerangka bagian dalam dari hewan sotong. Tulang sotong mengandung kalsium, fosfor, dan magnesium yang tinggi. Tulang sotong bisa diberikan dalam bentuk utuh atau dipatah-patahkan. Tulang sotong bisa meningkatkan kesehatan tulang dan paruh burung parkit, karena kaya akan mineral.


Pakan tambahan yang lain dapat diberi langsung ke tempat makan burung parkit atau digantung dalam kandangnya. Pakan tambahan yang lain bisa juga diberi sebagai makanan burung parkit supaya cepat bertelur. Sebab kandungan yang terdapat dalam makanan lain bisa tingkatkan kualitas telur dan kesehatan induknya.


Video Beberapa Makanan Burung Parkit Lokal

 

Pin It



LihatTutupKomentar